Kadis Perhubungan Sesalkan Ada Tudingan SSA Tanpa Ijin Bupati

indonesiasatu, 24 Feb 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PEMALANG - Ahmad Fatah, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pemalang menegaskan, uji coba Sistim Satu Arah (SSA) yang diberlakukan di Jalan Jendral Soedirman berdasarkan hasil uji pakar transportasi dan akademisi.

"Maka jika ada yang menyebutkan bahwa SSA di Jalan Jendral Sudirman tanpa izin bupati itu tidaklah benar," tegasnya dihadapan peserta rakor forum lalu lintas di gedung pertemuan Dishub, Senin (24/2).

"Saya ingin tahu ada perwakilan dari DPU dan Perkim atau nda? sebab hari ini sebelum ada keputusan, apakah SSA dilanjutkan atau tidak saya ingin paparkan kenapa di jalan Jendral Sudirman diberlakukan," ujarnya menambahkan, bahwa SSA sudah dikaji dalam tahun anggaran 2018 oleh pakar transportasi dari Politeknik Keselamatan Transportasi Darat.

"SSA itu hasil kajian bukan diterapkan saya sebagai kepala dinas perhubungan. Ini tudingan yang saya sesalkan, saya hanya perpanjangan tangan pak bupati kok masih saja ada pertanyaan, apakah saya sudah izin Pak Bupati sebelum memberlakukan SSA." ujarnya dengan nada sedikit kecewa.

Semestinya, menurut Fatah, dinas terkait baik DPU atau Perkim sama-sama melakukan kajian terkait sarana dan prasarana di lokasi untuk mendukung adanya SSA.

"Mestinya bareng-bareng cari solusi apakah infrasruktur yang ada di jalan tersebut kurang memadai atau tidak seperti boulevard,"

Di tempat yang sama, Ketua Komisi B DPRD Fahmi Hakim mengatakan, semua pihak dan dinas terkait mestinya mendukung SSA di jalan Jendral Sudirman.

"Hal ini saya sampaikan bukan urusan politik tapi urusan masyarakat Kabupaten Pemalang, dan upaya saya sebagai ketua komisi akan menggagas DED atau perencanaan di tahun anggaran ini. Sebab bagaimanapun kita harus dukung munculnya pusat ekonomi baru bukan hanya di pusat perkotaan tapi di lokasi lain seperti jalan lingkar selatan perlu tumbuh pusat ekonomi baru."

Akhirnya Rakor Forum Lalu Lintas yang dihadiri pemilik toko, LSM, perwakilan Kodim 0711/Pemalang, dan Polres Pemalang menyepakati SSA akan diberlakukan dengan catatan jika infrastruktur mendukung, dengan demikian pemberlakuan SSA ditunda yang diakhiri penandatanganan surat pernyataan oleh lima dinas dan perwakilan wartawan, Agus Pratikno. (Sriyadi)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu